Gabut 91. At Tin

 



Catatan Harian si Dina. Jum’at 22 Januari 2021. Tiba tiba om’ ku suka buah tin, dia menanam tiga batang buah tin dari berbagai jenis. Aku tidak tahu jenis apa saja itu. Kemudian kemarin salah satu pohon buah tin tersebut berbuah, masih kecil. Tapi sudah jadi artis. Semua orang penasaran dan menontonnya. Kemudian aku ingat seorang temanku namanya Ki Rizki, biasa aku panggil Kacu. Dia punya pohon buah tin juga dirumahnya. Bahkan pohonnya sudah tinggi melebihi atap rumah. Buahnya tumbuh subur sepanjang dahan pohonnya. Hijau hijau semi kuning begitu. Enak dipandang mata, meski aku harus mendongak saat melihatnya. Kata ibunya Kacu, aku suruh ambil buahnya sama batangnya buat distek. Karena beliau tahu lelaki dirumahku suka nyatek tanaman. Karena saat itu dirumahku sedang sedang tidak ada pembicaraan tentang peminat buah tin, jadi aku tidak mau ambil batangnya. Tapi aku mau minta buahnya saja. Kebetulan ada yang sedang masak satu biji, sudah mekar sampai terlihat daging buahnya yang kemerahan. Tapi hanya ada satu, aku tidak sampai mengambilnya. Yasudah diambil temanku yang namanya Kutet, dia kan tinggi, jadi bisa itu ngeklaim buah inceranku. Aku berniat Pre Order saja ke Kacu biar aku kebagian buah tin. Pingin ngerasaain juga aku bagaimana buah tin itu, katanya bisa masuk surga kalau makan itu. Kata teman ku yang cowok lainnya. Si Kutet ini sering menggunakan buah tin sebagai shampo. Berarti rambut dia saja dong yang masuk surga?.

Lha kemarin itu saat om’ku dengan bangganya memamerkan bakal buah tinnya, aku bilang aku juga punya buahnya tapi masih ada di pohonnya. Aku bilang Kacu punya pohonnya. Mentang mentangsi Kacu ini temanku yang jadi kesayangan dikeluarga, pohon buah tin dirumahnya mau dituker sama pohon buah tin yang dirumahku. Enak saja. Aku ditanya, buah tinnya merah?, aku jawab iya. Dagingnya. Ternyata om’ku ini cari buah tin yang merah. Oh yang biasanya di iklan shampo itu. Aku kira buah tin ya hanya kuning dan merah saja, ternyata banyak. Berikut ini beberapa jenis buah tin yang populer.

1.      Adriatic (Mediterania). Kulit berwarna hijau di bagian kulitnya dan berwarna merah muda dibagian dagingnya. Memiliki cita rasa sangat manis, biasanya menjadi hidangan penutup atau dikeringkan untuk dikonsumsi.

2.      Black Mission. Berwarna hitam keunguan di permukaan kulitnya dan berwarna merah mudah dibagian dalamnya. Rasanya yang manis dan berdaging lebat serta biji biujian kecil yang bertabur membuatnya terasa renyah. Berbentuk kecil kecil dan bisa menghasilkan air seperti sirup.

3.      Brown Turkey. Buah jenis ini berbentuk seperti buah pir. Berwarna ungu kehitaman dengan daging berwarna merah kecoklatan. Rasanya ringan dan kurang manis sehingga sering dikeringkan.

4.      Calimyrna. Kulitnya berwarna kuning kehijauan dengan bagian daging berwarna merah muda mencolok. Memilki ukuran paling besar daripada buah tin jenis yang lain. Selain itu rasanya berbeda, buah tin jenis ini memilki cita rasa seperti kacang yang unik dan kuat.

5.      Kadota. Buah ini memiliki kulit berwarna hijau segar dengan daging berwarna ungu. Rasanya manis dan daging buahnya halus. Diyakini jenis ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

6.      Alma. Jenis ini memilki kulit buah yang berwarna coklat keemasan dengan bentuk seperti buah pir. Daging buahnya manis dan segar.

7.      Purple Jordan (Yordania). Jenis ini memiliki ciri ciri kulit berwarna ungu kehitaman dengan ukuran yang besar. Rasanya manis dan cocok dibudidayakan di Indonesia. Sepertinya ini yang dicari om’ku.

8.      Green Jordan (Yordania). Sama sama dari Yordania, buah tin jenis ini memiliki warna kulit hijau dengan ukuran lebih kecil dari Purple Jordan. Bisa di budidayakan di Indonesia dan biasanya diolah menjadi manisan, selai atau buah kering.

9.      Blue Gian. Seperti namanya, buah ini berwarna merah dengan corak kebiruan dan berukuran besar. Memilki cita rasa manis dan empuk.

10.  Khrutmani Palestine/ Red Palestine(Palestina). Berwarna kehitaman dan ukurannya sama seperti Blue Giant. Buahnya manis dan segar.

11.  Celeste. Kulitnya berwarna coklat muda hingga keunguan dengan daging berwarna merah muda cerah. Buah tin jenis ini memilki julukan Gula Tin, berkat rasanya yang sangat manis.

12.  Chicago Hardy (Amerika). Buahnya sangat manis dengan daging berwarna merah tua dan kulitnya berwarna ungu tua. Bisa hidup di suhu dingin maupun hangat. Tidak cocok hidup di Indonesia yang cuacanya random.

 

 

Jadi, pohon punya Kacu jenis apa ya?. Berwarna kuning dengan daging merah dan berukuran kecil. Dan tiga jenis yang baru ditanam itu juga tidak diketahui jenisnya. Manfaatnya juga banyak sekali loh, dan buah ini disebut dalam Al Qur’an. Besok kita cari tahu manfaatnya ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gabut 68

Kucing dan Ikan Asin

Aku